5 Khasiat Akar Angin untuk Kesehatan Tubuh

Meski tidak familiar, tanaman herbal akar kayu angin memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut khasiat akar kayu angin yang perlu diketahui.

Selengkapnya

Pernah mendengar tanaman herbal bernama akar kayu angin? Mungkin, untuk sebagian orang herbal yang satu ini tidak terlalu familiar, namun siapa sangka ternyata memiliki banyak khasiatnya, lho. Kayu angin memiliki nama latin Usnea Thallus, atau simplisia Lichen Dasypogus. Selain itu, ia juga dikenal dengan nama jenggot resi. Biasanya, tanaman herbal yang satu ini memiliki warna hijau keabu-abuan.

Ciri dari kayu angin mirip seperti benang atau jenggot yang tumbuhnya menempel pada dahan pohon lain atau ranting. Akar kayu angin tidak termasuk tumbuhan tinggi yang berbatang keras mirip kayu yang biasa ditemui.

Tanaman ini bisa tumbuh mirip seperti semak kecil yang menjuntai di antara ranting yang kering serta kulit kayu yang tidak memiliki daun. Akar angin atau kayu angin tumbuh dengan bergantung pada pohon inang (pohon besar yang memiliki kelembapan tinggi). Tanaman akar angin ini tidak merugikan. Biasanya tumbuh di daerah yang suhunya dingin atau tinggal di pegunungan.

Di dalam akar angin terdapat berbagai kandungan seperti asam barbatin, asam barbotolat, asam unseat, asam usnetin, hidrat arang, likuin, dan vitamin C. Dengan banyaknya kandungan dari tanaman akar angin, berikut ini khasiat akar angin yang perlu diketahui.

Menghilangkan Diare

Khasiat akar kayu angin yang pertama bisa membantu menghilangkan diare. Alasannya dikarenakan tanaman herbal ini memiliki kandungan anti bakteri yang bisa membasmi bakteri penyebab diare.

Meminimalisir Batuk

Batuk menjadi masalah kesehatan yang umum dialami oleh setiap orang. Untuk mengatasinya bisa dengan menggunakan obat herbal, salah satunya adalah dengan memanfaatkan tanaman akar angin. Tanaman ini bisa diandalkan untuk membantu melegakan tenggorokan.

Menghilangkan Pegal pada Badan

Rasa pegal yang dirasakan pada badan tentu sangat mengganggu aktivitas bukan? Nah, kamu bisa mengandalkan tanaman akar kayu angin ini untuk menghilangkan rasa lelah yang muncul dan menyegarkan tubuh kamu kembali.

Mencegah Saluran Kemih

Saluran kemih menjadi salah satu bagian yang rentan mengalami masalah. Kondisi yang satu ini biasanya disebabkan karena kurangnya mencukupi cairan dalam setiap harinya, dan juga kebiasaan buruk dalam menahan buang air kecil. Nah, ternyata salah satu manfaat dari akar kayu angin pun ternyata mampu membantu saluran kemih menjadi lebih lancar dan bersih.

Mengatasi Masuk Angin

Masuk angin sendiri adalah kondisi kesehatan tubuh yang menurun, dan disertai dengan berbagai gejala seperti mual, perut kembung, sakit kepala, tenggorokan kering, badan meriang, dan demam. Seseorang bisa mengalami masuk angin dipicu karena beberapa hal misalnya kelelahan, kurang tidur, atau stres.

Selain dengan menggunakan akar kayu angin, kamu bisa mengonsumsi Tolak Angin untuk menyembuhkan kondisi masuk angin. Cara ini cukup praktis apalagi bagi kamu yang memiliki aktivitas cukup padat.

Produk herbal dari Sido Muncul telah dipercaya selama puluhan tahun, terus mengalami berbagai terobosan baru dalam mengembangkan produk-produknya , seperti pada varian Tolak Angin Tablet. Tolak Angin Tablet sendiri bisa kamu konsumsi 3 – 4 kali per 1 tablet sehari. Sementara bila digunakan untuk pencegahan, bisa diminum 1 tablet per hari.

Jika kamu ingin memeroleh Tolak Angin Ekstra Hangat berbentuk tablet, produk ini sudah tersedia juga di apotik, swalayan dan berbagai toko farmasi, lho. Perhatikan saat mengonsumsinya ya, ikuti anjuran yang tertera pada kemasan agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal. Dapatkan informasi menarik lainnya mengenai kesehatan serta varian lengkap produk Tolak Angin yang telah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI ini di https://tolakangin.co.id.