5 Kebiasaan yang Menyebabkan Masuk Angin dan Perut Kembung, Apa Saja?

Beberapa kebiasaan yang bisa menjadi penyebab sering masuk angin yakni antara lain sebagai berikut:

Selengkapnya

Masuk angin bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Sebelumnya, orang menduga penyebab masuk angin karena kehujanan atau kedinginan. Selain dua aktivitas di atas, ternyata terdapat banyak kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan kamu mudah terkena masuk angin dan perut kembung yang tidak kamu sadari. Beberapa kebiasaan yang bisa menjadi penyebab sering masuk angin antara lain sebagai berikut

Terlalu Lama di Ruangan yang Memakai AC

Penyebab sering masuk angin yang pertama adalah karena kamu terlalu lama di ruangan yang menggunakan AC. Saat ini, sebagian besar gedung perkantoran dan rumah sudah dilengkapi dengan penyejuk udara atau AC. Untuk mempertahankan ruangan agar tetap dingin, biasanya ruangan didesain agar selalu tertutup. Hal tersebut akan membuat kualitas udara di dalam ruangan menjadi memburuk dan mengganggu kesehatan kamu.

Menurut penelitian dari dr. Dan Tuculescu di beberapa negara Eropa seperti Italia, Inggris, dan Skandinavia menyatakan, jika kamu terlalu lama di ruangan dengan penyejuk udara akan menimbulkan berbagai gangguan kesehatan seperti infeksi pernafasan, sakit kepala hingga flu. Selain itu, udara yang dingin juga bisa menyebabkan kamu mudah masuk angin.

Kurang Tidur

Selain udara yang dingin, kurang tidur juga bisa salah satu penyebab sering masuk angin. Ketika kamu kurang tidur, daya tahan tubuh serta stamina tubuh kamu pun akan mudah menurun, da n kamu juga akan mengalami beberapa hal seperti menurunnya mood serta stres. Hasilnya, kamu akan mudah terkena penyakit seperti influenza, sakit kepala, hingga masuk angin.

Jadwal Makan yang Berantakan

Nah, sering makan telat juga bisa menjadi penyebab utama kamu sering masuk angin. Mobilitas tinggi dan padatnya kesibukan bisa membuat kamu telat makan hingga lupa makan. Padahal, kebiasaan makan telat bisa membuat perut kamu banyak gas dan mudah kembung. Hal ini akan meningkatkan risiko penyakit maag dan masuk angin. Sebagai solusinya, kamu bisa membuat jadwal makan dan mulai mematuhi jadwal makan tersebut agar perut kamu tidak kembung.

Stres

Tidak banyak orang yang tahu bahwa stres juga bisa menjadi penyebab sering masuk angin. Ketika kamu sedang menghadapi stres, tubuh akan memberikan reaksi dengan mengalirkan darah menjauh dari saluran cerna. Hasilnya, kamu akan mudah merasakan perut kembung, diare, sulit BAB, hingga perut mulas. Nah, gas yang terdapat di dalam area tersebut tentu akan membuat kamu merasakan gejala masuk angin.

Tidak Memakai Jaket Ketika Sedang Mengendarai Sepeda Motor

Selain 4 penyebab sering masuk angin di atas, tidak memakai jaket saat sedang mengendarai sepeda motor juga bisa menjadi penyebab sering masuk angin. Tanpa kamu sadari, kebiasaan tidak memakai jaket saat sedang naik motor ternyata dapat menimbulkan beberapa penyakit seperti masuk angin, TBC, ISPA, hingga bronchitis.

Walaupun jaraknya tidak terlalu jauh, pastikan kamu tidak lupa memakai jaket saat sedang bepergian dengan motor, ya.
Itulah 5 kebiasaan yang bisa menjadi penyebab kamu sering masuk angin. Kamu bisa menghindari kebiasaan buruk di atas serta menjalani gaya hidup sehat seperti rutin olahraga, tidur cukup dan makan teratur untuk mengatasi masuk angin. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi Tolak Angin Cair untuk mengatasi masuk angin.

Tolak Angin Cair dibuat dari berbagai bahan herbal alami ini akan membantu kamu mengembalikan daya tahan tubuh serta mengurangi gejala masuk angin seperti perut kembung, lemas, mual, dan pusing. Oleh karena itu, ada baiknya kamu selalu siapkan produk Tolak Angin Cair kemana pun kamu pergi. Kamu bisa mendapatkan produk Tolak Angin Cair di minimarket terdekat.