5 Hal Ini yang Menjadi Penyebab Masuk Angin

ternyata masuk angin bisa di hindari lho. Berikut adalah beberapa hal yang menjadi penyebab masuk angin yang bisa kamu hindari

Selengkapnya

Masuk angin adalah salah satu penyakit yang dapat diderita siapa saja. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua bisa terkena masuk angin. Gejala masuk angin ini di antaranya, kembung, mual, sakit perut, pusing, meriang, dan tenggorokan kering.
Nah itulah beberapa gejala masuk angin yang biasa diderita sebagian orang. Namun, ternyata masuk angin bisa dihindari lho. Berikut beberapa hal yang menjadi penyebab masuk angin yang bisa kamu hindari seperti:

Kurang Tidur

Salah satu penyebab masuk angin adalah kurang tidur. Banyak pekerjaan dan pulang malam bisa membuat waktu beristirahat jadi lebih sedikit. Tak heran bila stamina kamu jadi menurun.
Ini terbukti dari studi yang diadakan Carnegie Mellon University. Menurut pernyataan para peneliti yang dimuat di jurnal Archives of Internal Medicine, kekurangan tidur bisa mengganggu sistem kekebalan tubuh dan kemampuannya melawan virus penyebab penyakit. Itulah sebabnya ketika kamu sering begadang daya tahan tubuh kamu akan menurun dan kamu akan mudah terkena masuk angin.
Ada baiknya kamu tidur 7-8 jam sehari agar daya tahan tubuh kamu tidak menurun dan kamu tidak mudah terkena masuk angin.

Lama Berada di Ruangan Ber-AC

Salah satu penyebab masuk angin berikutnya adalah jika kamu terlalu lama menghabiskan waktu di ruangan ber-AC. Kini, hampir semua gedung perkantoran dan rumah dilengkapi penyejuk udara. Agar dinginnya terasa, ruangan dikondisikan selalu tertutup.
Akan tetapi, ini ternyata malah bisa membuat kualitas udara di ruangan memburuk sehingga memengaruhi kesehatan kita. Penelitian yang dilakukan dr. Dan Teculescu di Inggris, Italia, dan Skandinavia menemukan, terlalu lama berada di ruangan ber-AC bisa menimbulkan berbagai keluhan kesehatan. Dari yang berat, seperti infeksi pernapasan, hingga yang ringan, seperti sakit kepala.
Kebanyakan responden juga mengeluh sering bersin-bersin karena sensitif terhadap sirkulasi udara yang kurang baik. Kemudian tak hanya itu jika kamu menghabiskan waktu terlalu lama di AC tubuh kamu akan terasa dingin dan menyebabkan kamu mudah terkena masuk angin.

Sering Terlambat Makan

Salah satu penyebab masuk angin berikutnya adalah jika kamu sering terlambat makan. Padatnya kesibukan bisa menyebabkan lupa makan. Padahal, kebiasaan melewatkan waktu bersantap bisa membuat perut kamu menjadi mudah kembung dan menyimpan banyak gas.
Sebagai solusi, Ara DerMarderosian, PhD, pakar di bidang pangan alami di University of the Sciences, Philadelphia, menganjurkan kita untuk membiasakan diri makan teratur agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan yang lebih berat. Jika kamu terlambat makan akan menyebabkan asam lambung kamu naik dan membuat gas di perut. Kalau sudah seperti itu perut kamu akan mudah terkena masuk angin.

Bepergian Tanpa Memakai Jaket

Salah satu penyebab masuk angin berikutnya adalah jika kamu bepergian baik dengan motor ataupun dengan mobil tanpa memakai jaket. Indonesia merupakan negara tropis dan memakai jaket pada siang hari bisa menjadi masalah tersendiri bagi semua orang karena panas dan gerah. Namun, jika kamu bepergian ada baiknya kamu menggunakan jaket.
Jaket berfungsi sebagai penghangat dan penghalang angin saat kamu bepergian dengan motor. Jika kamu bepergian dengan mobil jaket berfungsi menghangatkan tubuh kamu saat berada di mobil yang memiliki pendingin atau AC.

Itulah beberapa penyebab masuk angin yang terkadang kamu tidak sadari. Ada baiknya kamu menghindari hal-hal yang menjadi penyebab angin agar tubuh kamu tetap fit. Namun, jika kamu sudah terkena masuk angin ada baiknya kamu minum Tolak Angin.
Selain sebagai obat herbal untuk atasi gejala masuk angin, Tolak Angin Cair dapat juga dimanfaatkan sebagai suplemen penjaga stamina dan sistem kekebalan tubuh. Rasanya yang enak serta menghangatkan, pastinya obat herbal yang satu ini begitu direkomendasikan untuk kamu yang sering alami gejala-gejala masuk angin. Terlebih saat musim hujan datang, tubuh berisiko dan mudah terserang berbagai penyakit ringan, termasuk masuk angin, akibat sistem imun yang melemah.