5 Cara Mengatasi Masuk Angin Pada Penderita Diabetes yang Bisa Dilakukan

Bagi anda penderita diabetes yang sering mengalami kembung pada perut? Sebaiknya anda harus perhatikan hal hal berikut ini :

Selengkapnya

Perut kembung merupakan salah satu masalah yang sering dikeluhkan oleh penderita diabetes. Banyak yang mengatakan kalau perut kembung pada diabetes bisa muncul sebagai akibat dari penyakit itu sendiri. Serta ada juga yang mengatakan jika obat diabetes merupakan penyebab utamanya. Jadi apa saja yang harus dilakukan jika masuk angin untuk penderita diabetes terjadi?

Berikut 5 cara mengatasi masuk angin pada penderita diabetes yang bisa dilakukan seperti berikut ini:

Konsultasikan Pada Dokter

Seringkali yang menjadi salah satu penyebab masuk angin untuk penderita diabetes karena diakibatkan oleh beberapa jenis obat yang dikonsumsi olehnya. Beberapa obat diabetes yang umum memang punya efek samping dapat membuat perut menjadi kembung dan terasa penuh. Jika hal ini terjadi sebaiknya konsultasikan kembali dengan dokter yang menangani kamu.

Kurangi Pemanis Buatan

Bagi penderita diabetes, sangat tidak dianjurkan mengonsumsi gula maupun makanan dan minuman yang manis-manis. Namun, pemanis buatan yang mengandung sorbitol tidak bisa dicerna oleh tubuh jadi tidak akan menyebabkan melonjaknya gula darah. Sebagai akibatnya, pemanis buatan ini bisa memberi dampak pada sistem pencernaan dan menyebabkan perut penuh dengan gas. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mengurangi konsumsi pemanis buatan tersebut.

Menjaga Asupan Makanan

Cara lain mengatasi masuk angin untuk penderita diabetes yaitu dengan menjaga asupan makanannya. Ada beberapa jenis makanan yang mengandung gas tinggi seperti kol, brokoli, ubi, kentang, kembang kol dan singkong. Selain itu, makanan yang mengandung lemak tinggi juga dapat menjadi pemicu perut menjadi kembung.

Hal ini akan berdampak semakin buruk apabila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Sebaiknya hindari mengonsumsi makanan berlemak tinggi seperti kulit, jeroan, lemak dan sebagainya.

Mengatur Sikap Saat Makanan dan Minum

Tidak hanya alasan yang telah disebutkan saja namun, ada hal-hal sederhana yang dilakukan dapat menjadi penyebab masuk angin untuk penderita diabetes. Seperti dari cara kamu makan dan minum bisa mengakibatkan gas terlalu banyak masuk ke dalam mulut. Saat minum dengan menggunakan sedotan dan terlalu cepat menghabiskan makanan yang disajikan untuk kamu, hal seperti inilah yang dapat menyebabkan perut menjadi kembung.  Oleh karena itu sebaiknya makanlah dengan tenang dan tidak terburu-buru serta hindari penggunaan sedotan saat minum.

Konsumsi Obat Herbal

Kamu dapat mengonsumsi Tolak Angin Bebas Gula yang aman untuk diminum oleh penderita diabetes. Dengan kandungan yang ada didalamnya, tentunya dapat membantu kamu mencegah berbagai jenis gejala masuk angin seperti perut kembung yang mengganggu, tubuh menjadi lemas dan sebagainya.

Tolak Angin Bebas Gula memiliki kandungan royal jelly yang sangat bermanfaat bagi tubuh dan aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Tentunya semua yang kamu konsumsi tetap perlu diawasi oleh dokter yang menangani, jangan lupa untuk tetap melakukan konsultasi kepada dokter secara rutin  tentang apa saja yang kamu makan dan minum. Hal ini juga bertujuan untuk pencegahan naiknya gula darah akibat dari salah makan. Serta istirahatlah yang cukup agar kondisi tubuh kamu tidak semakin parah.

Itulah  5 cara mengatasi masuk angin pada penderita diabetes yang bisa dilakukan. Kunci utama agar tidak sering terjadi masuk angin adalah terus memperhatikan pola hidup yang benar dan ikuti saran yang diberikan oleh dokter.