5 Cara Mengatasi Masuk Angin Pada Anak Ketika Musim Hujan Tiba

Saat anak-anak mengalami gelaja masuk angin. Bagaimana cara mengatasinya? Berikut tips yang dapat kamu ikuti.

Selengkapnya

Mengatasi masuk angin pada anak tidak dapat disamakan dengan cara mengatasi masuk angin pada orang dewasa. Biasanya anak kecil lebih sulit mengungkapkan apa yang dirasakan oleh dirinya. Gejala yang ditunjukan oleh masing-masing anak memiliki perbedaan.

Sebagai kamu harus peka terhadap kondisi seperti ini. Jika anak menunjukkan kondisi yang berbeda dari biasanya, maka kamu harus segera mencari tahu penyebabnya. Anak memiliki metabolisme tubuh yang lebih lemah daripada orang dewasa, maka jika gejala masuk angin dibiarkan begitu saja akan berakibat buruk pada anak.

Selain beristirahat, berikut ini ada 5 cara mengatasi masuk angin pada anak ketika musim hujan tiba yaitu:

Mengonsumsi Makanan yang Hangat

Saat sakit si kecil tentunya kehilangan nafsu makan. Oleh karena itu, agar memudahkan si kecil untuk makan, kamu dapat memberikan makanan yang hangat untuk dimakan seperti sup. Dengan cara seperti ini dapat mengembalikan nafsu makannya. Tapi jangan memberikan sembarang kuah, pastikan juga nilai gizi yang terkandung di dalamnya, seperti sup ayam dan sup daging sapi. Selain mengandung protein yang berguna memulihkan tubuh, sensasi hangatnya membuat tubuh akan terasa lebih nyaman.

Konsumsi Air Putih

Air putih memiliki banyak manfaat yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan mengobati batuk serta flu. Dengan banyak mengkonsumsi air putih dapat membantu membersihkan tenggorokan dari kuman. Namun biasanya si kecil akan malas minum saat kondisi tubuhnya menurun. Kamu dapat menggantinya dengan memberikan teh hangat.

Istirahat yang Cukup

Kunci utama untuk sehat adalah dengan istirahat yang cukup. Kondisi tubuh yang lelah akan menyebabkan sistem imun pada anak berkurang. Hal ini dapat terjadi karena terlalu lelah, terkena hujan atau perubahan cuaca yang tidak bersahabat. Sehingga membuat timbulnya gejala masuk angin seperti seperti mual, perut kembung, badan meriang, dan demam akan mudah menyerang saat sistem kekebalan tubuh melemah. Pastikan si kecil istirahat yang cukup ya.

Air Rebusan Jahe

Air rebusan jahe dapat memberikan sensasi hangat pada tubuh, menenangkan usus, meredakan pusing, muntah, mual, dan sebagainya. Untuk sebagian anak-anak tentunya ada yang menyukai aroma dari jahe namun, tidak menutup kemungkinan ada anak yang tidak menyukai aroma jahe yang cukup kuat ini. Kamu dapat menggantinya dengan memberikan Tolak Angin Anak pada si kecil.

Oleskan Minyak Angin atau Aromaterapi

Bila cuaca sedang dingin, kamu dapat menggunakan Tolak Angin Care yang merupakan minyak angin aromaterapi berbentuk roll on sehingga dapat memudahkan kamu untuk menggunakannya. Tetapi, Tolak Angin Care tidak disarankan untuk diberikan kepada anak di bawah usia 2 tahun. Oleskan pada leher, perut dan kepala si kecil. Selain itu, di dalam Tolak Angin Care mengandung zat aktif berupa minyak jahe dan minyak peppermint yang menyegarkan dan tentunya disukai oleh anak-anak. Tidak lupa berikan pakaian yang hangat untuk melindungi si kecil dari cuaca dingin yang menyerang.

 

Itulah beberapa hal yang dapat kamu lakukan sebagai cara mengatasi anak masuk angin. Saat ini, kamu sudah tidak perlu khawatir lagi jika masuk angin menyerang si kecil karena sekarang sudah ada Tolak Angin Anak yang dapat mengatasi masuk angin pada anak yang disertai dengan gejala seperti sumeng, mual, kembung. Mengonsumsi Tolak Angin Anak dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak agar dapat segera kembali pada aktivitasnya seperti biasa. Untuk itu, jangan lupa untuk selalu sediakan terus Tolak Angin Anak dan Tolak Angin Care agar si kecil ceria.