5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Tidur Ketika Flu yang Perlu Dipahami

Flu menjadi penyebab banyaknya lendir yang menutupi saluran pernafasan dan membuat sulit tidur. Jadi, kamu dapat atasi hidung tersumbat saat tidur dengan cara ini

Selengkapnya

Saat ini Indonesia mulai memasuki musim hujan yang memiliki suhu udara lebih rendah daripada saat musim kemarau. Penurunan suhu udara seperti ini seringkali membuat berbagai bakteri dan virus lebih mudah berkembang biak sehingga dapat mengganggu kesehatan manusia, khususnya yang sedang kelelahan.

Salah satu jenis penyakit umum yang disebabkan oleh bakteri dan virus saat musim hujan yaitu flu. Flu sendiri akan lebih mudah diatasi jika didukung dengan istirahat yang cukup. Namun, biasanya hal tersebut sulit dilakukan karena terganggu oleh hidung tersumbat saat tidur.

Lantas, apa saja yang harus dilakukan untuk atasi tidak bisa tidur karena flu? 5 cara ini dapat kamu coba agar dapat beristirahat dengan baik saat sedang flu.

1. Memilih Posisi Tidur yang Tepat

Jika kamu sedang flu, menentukan posisi tidur menjadi salah satu cara paling efisien untuk dicoba. Kamu bisa memilih posisi tidur miring ke kiri, maupun ke kanan dan bisa disesuaikan dengan kondisi hidungmu saat ingin tidur.

Pilihlah posisi tidur dari hidung yang paling sulit digunakan untuk bernafas agar kamu dapat melegakan saluran pernafasan lainnya. Cara ini akan membantu kamu lebih mudah bernafas saat tidur walaupun hidungnya sedang tersumbat.

2. Tidur Menggunakan Bantal yang Lebih Tinggi

Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi saat kamu tidak bisa tidur karena flu yaitu dengan memposisikan kepala lebih tinggi saat tidur. Saat hidung tersumbat kamu dapat menumpuk dua bantal menjadi satu sehingga dapat membantu melancarkan saluran udara pada hidung agar tidak tersumbat oleh lendir.

3. Mengeluarkan Lendir dengan Minum Air Hangat

Saat hidung tersumbat oleh lendir, seringkali kita menjadi malas untuk minum dan membuat tubuh menjadi semakin kekurangan cairan. Namun, jika ingin mencegah hidung tersumbat saat tidur, kamu perlu memaksakan diri untuk lebih banyak minum air hangat agar tidak dehidrasi.

Jika kamu rutin melakukannya, cairan yang diminum akan membantu proses pencairan lendir pada hidung menjadi lebih cepat sehingga pernafasan menjadi lebih lancar.

4. Kompres Area Hidung dengan Handuk Hangat

Saat kamu mengalami kondisi tidak bisa tidur karena flu, ada cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya pada saat darurat yaitu dengan kompres area hidung dan sekitarnya menggunakan handuk hangat. Sesungguhnya, cara ini hampir sama dengan menghirup uap hangat tetapi akan lebih mudah dilakukan menggunakan cara ini saat kondisi terdesak di malam hari.

Agar kamu tidak repot, sebaiknya rendamlah handuk ke dalam air hangat yang dicampur jahe di dalamnya selama kurang lebih 5 menit. Jahe yang digunakan akan membantu menahan efek hangat lebih lama sehingga kamu dapat melakukan cara ini sambil beristirahat di tempat tidur.

5. Kembalikan Daya Tahan Tubuh dengan Obat Herbal

Hidung tersumbat saat tidur memang disebabkan oleh flu dari bakteri dan virus yang menyerang saat daya tahan tubuh sedang menurun. Oleh sebab itu, kalau sudah terserang flu segera minum Tolak Angin Flu dari Sido Muncul yang akan membantumeringankan gejala flu, meredakan masuk angin serta memelihara daya tahan tubuh. .

Itulah 5 cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur ketika flu yang dapat kamu lakukan dengan menggunakan obat herbal terstandar. Kamu bisa mendapatkan obat herbal dari Tolak Angin di toko-toko obat terdekat dan jangan lupa kunjungi website resminya di www.tolakangin.co.id untuk mendapatkan berbagai informasi seputar kesehatan dan tips-tips menarik lainnya.