logo-icon
Tentang Tolak angin

Ramuan Tradisional Kesehatan Alami

Tolak angin merupakan herbal terstandar untuk mengatasi masuk angin dengan gejala seperti pusing, badan kedinginan, meriang, mual, kembung serta terbukti meningkatkan daya tahan tubuh.

Diformulasikan pertama kali pada tahun 1930. Kini, Tolak Angin diproduksi di pabrik berstandar Farmasi GMP (Good Manufacturing Practices) milik PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. dengan bahan baku yang terus dijaga kualitasnya, serta higienis.

History
Tolak Angin History
Tahun 1930

Tolak Angin diformulasikan oleh Ibu Rachmat Sulistyo (Ny. Siem Thiam Hie) untuk keperluan keluarga. Dan hingga sekarang resep Tolak Angin masih tetap sama.

Tahun 1940

Tolak Angin dijual dalam bentuk jamu Godokan untuk masuk angin di wilayah Ketandan – Yogyakarta.

Tahun 1951

Sebelas tahun berlalu, Ibu Rachmat Sulistyo mendirikan pabrik Sido Muncul yang berarti “Impian yang terwujud” di Semarang. Produk pertama Sido Muncul adalah Jamu Tolak Angin dalam bentuk serbuk.

Tahun 1992

Jamu serbuk Tolak Angin dikembangkan menjadi jamu Tolak Angin dalam bentuk cair seperti yang kita kenal sekarang ini.

Tahun 2002

Sido Muncul melakukan Uji Pra Klinik (Aman dan Berkhasiat) antara lain:

Uji Toksisitas: Sido Muncul bekerjasama dengan Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta melakukan Uji Toksisitas terhadap produk Tolak Angin, hasilnya Tolak Angin aman diminum dalam jangka panjang (sesuai dosis yang dianjurkan)

Uji Khasiat: Sido Muncul bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang melakukan Uji Manfaat / Khasiat terhadap produk Tolak Angin, hasilnya terbukti Tolak Angin dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Tahun 2007

Tolak Angin Sido Muncul mendapat sertifikat Obat Herbal Terstandar dari BPOM RI dan menjadi satu-satunya obat masuk angin yang mendapatkan sertifikat Obat Herbal Terstandar yang berarti bahan baku dan mutu produknya terstandarisasi saat itu.

Tolak Angin Sido Muncul adalah Obat Herbal Terstandar yang dapat mencegah dan mengatasi masuk angin dengan gejala – gejala seperti mual, perut kembung, pusing, demam dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Dibuat dari bahan-bahan herbal berkhasiat seperti : jahe, daun mint, kayu ules, adas, daun cengkeh dan ditambah dengan madu. Diproses di pabrik modern berstandar GMP (Good Manufacturing Practices) dengan quality control yang ketat.

Sekarang

Setiap batch produksi Tolak Angin telah melalui Uji Quality Control sehingga bebas dari: Aflatoksin, Cemaran Mikroba, Logam Berat, Pupuk dan Bahan Haram.

olak Angin telah mendapatkan sertifikat halal dari LPPOM MUI.

technology
Tolak Angin technology
Technology

Tolak Angin sebagai obat herbal terstandar berkhasiat untuk mengurangi gejala masuk angin. Tolak Angin diformulasikan untuk pertama kali pada tahun 1930 dan mulai diproduksi dalam skala pabrik pada tahun 1951.

Tolak Angin diproduksi di pabrik berstandar GMP (Good Manufacturing Practices) menggunakan mesin-mesin berteknologi tinggi dengan pemeriksaan mutu yang sangat ketat.

Tolak Angin telah melalui berbagai pengujian ilmiah, yang dilakukan di laboratorium berstandar ISO 17025 agar dapat menjamin kualitas bahan baku dan produk kami memenuhi standar mutu yang telah ditetapkan.

Laboratorium Kimia dan Instrumentasi

Meliputi kegiatan dan fasilitas:

  • Uji zat aktif: TLC Scanner; Spectrophotometer; HPLC, UPLC
  • Uji logam berat: AAS; ICPMS
  • Uji Aflatoksin: TLC, Scanner
  • Uji Pestisida: GC, GC MS
  • Uji DNA: PCR
  • Uji ukuran partikel: PSA

Laboratorium Mikrobiologi

Kegiatan yang dilakukan di laboratorium ini adalah :

  • Pemeriksaan angka kuman
  • Pemeriksaan angka kapang
  • Pemeriksaan bakteri pathogen

Laboratorium Uji Stabilitas

Merupakan laboratorium yang dikondisikan untuk menganalisa stabilitas atau batas waktu kedaluarsa dari suatu produk, baik itu produk baru, produk dengan bahan pengemas baru maupun produk dengan material substitusi, Uji stabilitas dibagi menjadi 2 yaitu uji stabilitas real time dan uji stabilitas dipercepat. Metoda penyimpanan dipercepat menggunakan alat Climatic Chamber. Penentuan waktu kadaluwarsa menjadi lebih efisien karena tidak memerlukan waktu simpan yang lama.

Laboratorium Formulasi dan Produksi

Merupakan laboratorium untuk melakukan formulasi produk, baik produk baru maupun reformulasi dari produk yang sudah ada, uji raw material alternative maupun uji proses alternatif. Tersedia mesin-mesin skala pilot untuk mempermudah scaling up dari kapasitas laboratorium menuju kapasitas produksi.

Laboratorium Farmakologi

Dimana di laboratorium ini berbagai kegiatan :

  • Uji farmakologi : uji manfaat produk pada hewan → bila lolos, dilanjutkan uji manfaat pada manusia → hingga didapat formulasi terbaik.
  • Uji toksisitas akut untuk menjamin keamanan produk
  • Uji toksisitas subkronis untuk produk-produk yang digunakan jangka panjang
  • >Uji teratogenik untuk produk-produk yang ada kemungkinan dikonsumsi wanita hamil.
  • Laboratorium ini bekerjasama dengan beberapa universitas, diantaranya : UGM, USD, ITB, UNDIP

Laboratorium Uji Manfaat

Laboratorium ini bekerjasama dengan beberapa lembaga, yaitu :

  • Lab. Klinik (CITO, Prodia)
  • UNDIP
  • JERMAN

Laboratorium IPC

Laboratorium untuk memantau produk hasil produksi.

process
Tolak Angin process
Tahapan Produksi Tolak Angin

Di setiap tahapan proses produksi dilakukan proses pemeriksaan mutu yang sangat ketat mulai dari bahan baku yang dipergunakan, proses produksi yang dilakukan sampai produk yang dihasilkan.

Raw material berupa simplisia seperti jahe, daun mint, cengkeh, buah adas dan lain–lain yang datang ke pabrik akan diperiksa oleh tim QC sesuai spesifikasi yang ditetapkan. Bakan baku yang telah lolos pemeriksaan dilakukan proses sortasi, pencucian dan pengeringan sehingga didapatkan simplisia bersih yang telah siap untuk masuk ke tahap produksi. Simplisia bersih ditimbang sesuai formulasi, kemudian digiling kasar dan selanjutnya diekstraksi.

Proses Ekstraksi

Proses ekstraksi yang dilakukan meliputi proses perkolasi di mana simplisia akan dialiri cairan secara berkesinambungan sampai didapatkan hasil sari yang sesuai persyaratan. Sari yang didapat akan dipekatkan atau dievaporasi dan selanjutkan disterilkan. Ekstrak yang didapatkan akan disimpan di ruang cold storage sampai tiba saat dipergunakan.

Proses Produksi

Proses produksi Tolak Angin cair diawali dengan mixing atau pencampuran antara ekstrak dengan bahan tambahan lain seperti madu. Selanjutnya hasil pecampuran akan ditransfer ke tangki pendingin dan melalui gravitasi akan dipindahkan ke mesin filling untuk dilakukan pengemasan ke dalam sachet. Selanjutnya sachet akan dipindahkan menggunakan conveyor untuk dikemas dalam bentuk dos atau plastik, dan berikutnya ke dalam karton.

Uji Kualitas Produk

Proses pemeriksaan yang dilakukan di antaranya pemeriksaan zat aktif, pemeriksaan mutu misalnya organoleptis, viskositas, keseragaman bobot, kebocoran dan lain lain. Di samping itu dilakukan pemeriksaan cemaran jamur dan aflatoksin, cemaran pupuk, cemaran logam, cemaran bahan haram melalui pemeriksaan DNA babi.

Setiap bets produksi akan diambil sejumlah sampel untuk disimpan sampai masa kadaluwarsa sebagai sampel pertinggal atau retained sampel.

Secara periodic, sampel pertinggal ini akan dianalisa untuk memeriksa kestabilannya sekaligus juga bias dipergunakan sebagai pembanding seandainya ada complain di pasaran Produk yang telah lolos pemeriksaan mutu siap untuk disimpan di gudang produk jadi dan selanjutnya dikirim ke distributor secara FIFO.

scientific research
Tolak Angin scientific research
Uji Ilmiah

Secara umum, obat herbal itu aman bahkan dikatakan berkhasiat. Tapi, kami ingin membuktikan hal tersebut. Untuk membuktikan keamanan dan khasiat Produk Tolak Angin, kami melakukan Uji Pra Klinik (Aman dan Berkhasiat).

Uji Toksisitas

Sido Muncul bekerjasama dengan Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta melakukan Uji Toksisitas (Uji Keamanan Produk) terhadap produk Tolak Angin, Setara dengan konsumsi 9 sachet Tolak Angin setiap hari selama 8,4 tahun pada manusia.

Hasil :

  • Tolak Angin terbukti aman dikonsumsi pria dan wanita
  • Tidak merusak organ tubuh termasuk organ reproduksi

Uji Khasiat

Sido Muncul bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang melakukan Uji Manfaat / Khasiat terhadap produk Tolak Angin.

Pengujian:
Tolak Angin diberikan pada manusia sehat sebanyak 2 sachet per hari selama 7 hari.

Hasil: Tolak Angin terbukti meningkatkan daya tahan tubuh, yang ditandai dengan :

  • Meningkatnya prosentase Limfosit T dalam darah sebagai indikator daya tahan tubuh
  • Meningkatkan produksi Interferon Gamm

award
Tolak Angin Award
Indonesia Living Legend Brands

PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk mendapat dua penghargaan sekaligus dari Majalah Swa yaitu sebagai Indonesia Living Legend Company dan Indonesia Living Legend Brand untuk produk Tolak Angin dengan kategori Obat Herbal.

Indonesia Best Brand Award (IBBA)

Tolak Angin terpilih kembali sebagai The Indonesia Best Brand Award kategori “Obat Masuk Angin”.

Social Media Brand Award

Tolak Angin Sido Muncul kembali meraih Social Media Award untuk kategori "Herbal Medicine Against Cold".

Indonesia Customer Satisfaction Award (ICSA)

Sido Muncul Tolak Angin kembali menerima penghargaan Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) dari Majalah Swa Sembada, dalam kategori Obat Masuk Angin

Top Brand Award

Sido Muncul Tolak Angin kembali menerima penghargaan Top Brand Award untuk kategori "Herbal Medicine Againts Cold"

Indonesia Original Brand

Tolak Angin menerima Indonesia Original Brand Award 2020 (Peringkat 1) dengan kategori “Obat Masuk Angin”.

Solo Best Brand Indext (SBBI) & Jogja Best Brand Index (JBBI)

Tolak Angin menerima Solo Best Brand Indext (SBBI) & Jogja Best Brand Index (JBBI) dengan kategori “Obat Masuk Angin Herbal” dan "Obat Masuk Angin Herbal Berstandar".

Satria Brand Award

Tolak Angin menerima Satria Brand Award dengan kategori “Obat Masuk Angin”.

Indonesia Brand Champion

Tolak Angin menerima Indonesia Brand Champion kategori “Jamu”.

Most #1 Recommended Brand

Tolak Angin menerima Most #1 Recommended Brand kategori “First Winner In Liquid Medicine Countering The Catchingcold”.

Indonesia's Most Favorite Women

Tolak Angin menerima Indonesia's Most Favorite Women kategori “Herbal”.

Brand for Good Club

Tolak Angin menerima penghargaan Brand for Good Club.